Mengisi Masa Karantina Untuk Memotong Mata Rantai Penyebaran Virus Corona dan Tetap di Rumah Saja, Dosen Digital Marketing Universitas Telkom, Tetap Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Dalam keterbatasan kondisi yang ada Selama masa pandemi Covid-19, pada tanggal 14 – 24 April 2020 pengabdian tetap dilaksanakan untuk membantu Pembangunan Perekonomian Keluarga Melalui Peningkatan Kompetensi Perempuan Masyarakat Kampung KB di Kecamatan Cicendo, Kota Bandung  melalui pelatihan Teknik Pembuatan dan Pemasaran Sabun Organik.

Materi yang telah disampaikan kepada masyarakat adalah pembuatan sabun organik, pengenalan pentingnya kemasan, pentingnya bisnis untuk ibu rumah tangga, pemanfaatan media sosial dalam promosi dan pemasaran, sangat membantu masyarakat dalam membangun usaha dan mampu bersaing dengan produk sejenis lainnya.

Program pelatihan yang diikuti oleh 30 orang anggota kampung KB di Kecamatan Cicendo dilaksanakan secara online dan menggunakan video tutorial, bagaimana Pembuatan Produk, promosi dan pemasaran melalui media sosial dan tata cara membuat foto produk untuk keperluan promosi melalui media sosial.

Pelatihan pembuatan sabun organik dilakukan melalui tutorial, bahan yang diperlukan dibagikan kepada peserta dan peserta melakukan latihan pembuatan produk di rumah masing dengan bimbingan tutorial yang diberikan. Tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua pihak, pada situasi saat ini tanya jawab dilakukan melalui telepon ataupun Whatsapp.

Metode diatas bisa menghasilkan solusi atau cara dari setiap permasalahan yang dihadapi dan merupakan kesepakatan solusi dalam situasi Covid-19, ternyata mendapat respons yang sangat luar biasa, peserta sangat antusias dan sangat bermanfaat dalam mengisi waktu di rumah aja dengan  melakukan hal positif dan bermanfaat.

Diharapkan pelatihan yang telah dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi dan membuka wawasan bisnis anggota kampung KB yang pada akhirnya dapat membantu perekonomian keluarga.

Untuk video lengkapnya dapat diakses di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=FXv5Pm7FxZU

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *