Penerapan Digital Marketing Dalam Rangka Optimalisasi Produk Masyarakat Serta Pengembangan Website di Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Bandung

Digital marketing merupakan bentuk program promosi dan pencarian peluang pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana, contohnya adalah jejaring sosial media. Saat ini dunia maya tidak hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga menghubungkan orang dengan orang lain di seluruh dunia. Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan komprehensif memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan calon pelanggan. Pada kondisi tertentu, digital marketing mampu memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumennya. Namun di lain pihak, calon konsumen pun dapat mencari dan mendapatkan informasi produk dan komoditi hanya dengan cara menjelajahi dunia maya, sehingga memudahkan proses pencarian tersebut. Digital marketing memiliki cakupan yang sangat luas. Ini berarti bahwa dalam dunia digital marketing membahas banyak hal seperti IT, media sosial, tren, netizen, bisnis, iklan, dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi merupakan suatu perwujudan nyata bahwa perilaku konsumen kini telah mengalami pergeseran. Kebutuhan dan keinginan yang akan didapatkan lebih praktis dan cepat seakan mewabah menjadi sebuah tren di masyarakat “Zaman Now”. Kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi dan keinginan untuk diakui sebagai manusia yang tidak kuno. Pertumbuhan teknologi semakin pesat seiring dengan tersedianya smartphone dengan harga terjangkau Peluang bisnis di dunia maya yang tergambar di atas, sudah semestinya dapat dijajaki dan dimasuki oleh berbagai usaha masyarakat dalam skala kecil maupun mikro sekalipun. Termasuk usaha masyarakat di Kelurahan Sukawarna yang bergerak dalam usaha menengah kecil dan mikro (UMKM). Sukawarna adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Kelurahan Sukawarna memiliki luas wilayah 80 km2, yang didirikan sejak tahun 1985.

Berdasarkan masalah yang telah diuraikan di atas maka kami menawarkan beberapa solusi melalui Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Optimalisasi Produk Masyarakat Serta Pengembangan Website Di Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Bandung dan membuat pengintegrasian website dengan aplikasi-aplikasi pendukung yang memudahkan user, pembuatan sistem database yang handal dan terupdate. Adapun tim dosen pelaksana pengabdian kepada masyarakat dengan skema kolaborasi ini yaitu:

  1. Dr. Astri Wulandari, S.E., M.M. (D3 Manajemen Pemasaran-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)
  2. Bethani Suryawardani, S.E., M.M. (D3 Manajemen Pemasaran-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)
  3. Siska Komala Sari, S.T., M.T. (D3 Sistem Informasi-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)
  4. Dr. Dedy Rahman Wijaya, S.T., M.T. (D3 Sistem Informasi-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)
  5. Dendi Gusnadi, S.Par., MM.Par. (D3 Perhotelan-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)
  6. Drs. Suryana H. Achmad, M.Par. (D3 Perhotelan-Fakultas Ilmu Terapan-Telkom University)

Untuk dokumentasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang sudah diupload di Youtube dapat diakses di link berikut : Penerapan Digital Marketing & Pengembangan Website di Kelurahan Sukawarna Sukajadi Bandung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *