Optimalisasi Dan Pengembangan Program One Pesantren One Product (OPOP) Pada Seni Kaligrafi 3 Dimensi Di Pondok Pesantren Cipasung Singaparna Tasikmalaya

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang efektif dan fasilitator yang mengorientasikan cikal bakal generasi muslim yang berwawasan Islami dengan penuh komitmen dalam mendidik kader-kader muslim yang memiliki kemampuan daya saing yang unggul dengan dibekali oleh kemampuan penguasaan, pemahaman, penalaran, dan penghapalan terhadap ajaran Islam yang dapat dipertahankan di masa yang akan datang dalam membangun tatanan masa depan yang gemilang dan berkualitas Islami. Lembaga ini mencetak sumber daya manusia yang terampil dan berakhlakul karimah merupakan pondasi yang paling mendasar dalam upaya melanjutkan eksistensi pembangunan bangsa Indonesia pada era globalisasi. Tidak ada modal dasar yang paling potensi untuk dikembangkan melainkan generasi-generasi yang telah menguasai serta memahami ajaran Islam dengan penuh penjiwaan, penghayatan, pengamalan dan kualitas unggulan, dengan membiasakan ibadah mahdoh dan ibadah ghoer mahdoh.

Peranan Pesantren di Tasikmalaya dalam Pengembangan Program One Pesantren One Product (OPOP) Pada Seni Kaligrafi 3 Dimensi Di Pondok Pesantren Cipasung Singaparna Tasikmalaya mendukung factor Sumberdaya Manusia yang produktif sehingga bisa menjadikan nilai tambah untuk santri. Pada kewirausahaan dengan kreatifitas yang dibuat seni kaligrafi  sehingga bisa menjadi prduk dan nilai jual. namum hal yang mejadi hambatan adalah  kurangnya optemalisasi teknologi dalam pengembangkan yang memang menjadi daya dorong dalam mempengembangan produk kaligrafi di pesantren.

Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh kabupaten untuk dikembangkan dalam rangka peningkatan kualitas Sumber daya manusia meliputi Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian masyarakat. Menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan tokoh masyarakat di pesantren. Pengembangan Program One Pesantren One Product (OPOP) Pada Seni Kaligrafi 3 Dimensi seperti kegiatan teknologi tepat guna, pelatihan tenaga kerja mandiri (wirausaha), perluasan kesempatan kerja melalui padat karya infrastruktur, serta pelatihan teknis managerial tenaga kerja yang semuanya disesuaikan dengan minat, bakat dan potensi wilayahnya. Dari program tersebut diharapkan menjadi acuan bagi semua pihak yang terkait dalam pembangunan atau pemberdayaan santri sehingga dapat bersinergi dalam meningkatkan SDM yang berkualitas, meningkatkan pembangunan SDM yang berorientasi kewirausahaan serta terciptanya santri yang produktif  dapat meningkatkan kesejahteraan.

Kegiatan Pengabdiaan Kepada Masyarakat dilaksanakan pada hari 8 juni 2022, Pukul 09.00 s.d selesai dengan kolaborasi fakultas industry kreatif dan fakultas Ilmu Terapan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *