Pengabdian Kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Tema Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga Melalui Keterampilan Pembuatan Produk Kain Shibori Beserta Pemasarannya Pada Anggota PKK Kecamatan Cicendo, Kota Bandung

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 18 April sampai dengan 24 April 2020, diikuti oleh 46 orang peserta, merupakan perwakilan dari TP PKK Kelurahan Arjuna, Kelurahan Pasir Kaliki, Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Pajajaran, Kelurahan Husein Sastranegara dan Kelurahan Sukaraja.

Pelatihan Produk Kain Shibori dan kemasan yang baik, Tata cara membangun bisnis, Pemasaran dan promosi offline dan online dengan pemanfaatan media social, Motivasi untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Pelatihan dilaksanakan secara jarak jauh dengan menyampaikan pengetahuan secara umum tentang pentingnya keikutsertaan anggota PKK dalam meningkatkan perekonomian keluarga, Pembuatan Produk, promosi dan pemasaran melalui media sosial, Pelatihan pembuatan kain shibori dilakukan melalui tutorial, bahan yang diperlukan dibagikan kepada peserta dan peserta melakukan latihan pembuatan produk di rumah masing dengan bimbingan tutorial yang diberikan.

Peserta diberikan pula pelatihan mempromosikan produk di media social dan tanya jawab untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi, pada situasi saat ini tanya jawab dilakukan melalui telepon. Peserta sejumlah 46 orang merupakan perwakilan dari TP PKK Kelurahan Arjuna, Kelurahan Pasir Kaliki, Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Pajajaran, Kelurahan Husein Sastranegara dan Kelurahan Sukaraja.

Diharapkan setelah pelatihan ini akan terbuka wawasan para anggota TP PKK di kecamatan Cicendo, dan diharapkan mampu membuka peluang usaha anggota, sebagaimana instruksi Gubernur Jawa Barat agar setiap PKK dapat membuka usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Adapun video dokumentasi pelaksanaan abdimas ini dapat diakses di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=bN2uBsanZ2w

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *